Pages

Ads 468x60px

Tuesday, 27 January 2015

Cara Meredam & Mengendalikan Rasa Marah


Cara Meredam  & Mengendalikan Rasa Marah

Trisetiono79.blogspot.comIMenurut C.P. Chaplin, Anger (marah, murka, berang, gusar; kemarahan, kemurkaan, keberangan, kegusaran) adalah reaksi emosional akut ditimbulkan oleh sejumlah situasi yang merangsang, termasuk ancaman, agresi lahiriah, pengekangan diri, serangan lisan, kekecewaan, atau frustrasi, dan dicirikan oleh reaksi kuat pada sistem syaraf otonomik, khususnya oleh reaksi darurat pada bagian simpatetik; dan secara implisit disebabkan oleh reaksi serangan lahiriah, baik yang bersifat somatis atau jasmaniah maupun yang verbal atau lisan.


 
Untuk meredam emosi atau marah, ada beberapa cara yang bisa anda coba lakukan agar anda tetap berada dalam kondisi tenang, bahkan ketika dalam keadaan bertengkar sekalipun.
 Berikut adalah tips untuk mengendalikan rasa marah:
 
Tetap berkepala dingin
Cara terbaik untuk mengatasi rasa marah adalah dengan mengetahui hal-hal yang memicunya dan mencegah agar faktor pemicu tersebut tidak sampai membuat seseorang kehilangan kontrol.

Bersikap rileks
Cara ini terlihat biasa, tetapi memiliki efek yang penting. Pada saat anda merasa ingin meledak, cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam sebanyak dua atau tiga kali kemudian keluarkan secara perlahan-lahan. Ketika anda sedang menarik nafas dalam-dalam,ucapkan kata-kata “rileks” atau “tenang” secara perlahan.

Ubah cara berpikir
Dari pada anda memaki-maki dalam hati, “Huh, semuanya jadi kacau begini!” Cobalah untuk menggantinya dengan kalimat, “Kekacauan ini bukan akhir dari segalanya, kan? Percuma saja saya marah-marah, toh tidak akan menyelesaikan masalah.”

Komunikasi
Seorang yang biasanya marah, akan cepat sekali mengambil kesimpulan dan seringkali keliru. Jadi, langkah pertama yang perlu dilakukan dalam suasana memanas, cobalah tenangkan diri anda dan berpikir jernih. Pada saat yang bersamaan cobalah untuk mendengarkan apa yang dikatakan oleh lawan bicara anda dan pikirkan baik-baik sebelum menjawabnya.

Bercanda dan bercerita lucu
Mungkin anda kadang-kadang merasa jenuh atau kesepian selagi di tempat kerja. Bila hal ini terjadi, cobalah untuk bercanda dengan teman sebelah anda atau di depan anda. Becanda dan saling bertukar cerita lucu mampu meredakan ketegangan. Jika tidak memungkinkan, silahkan baca atau lihat gambar-gambar lucu dari buku maupun internet.


 Hindari Mengambil Keputusan saat Emosi Mendera
Apabila anda adan pasangan sedang dalam keadaan emosi, usahakan meninggalkan ruangan dalam beberapa waktu. Hindarilah mengambil sebuah keputusan saat emosi anda sedang berada dipuncaknya karena keputusan yang diambil dalam keadaan emosi semacam itu akan cenderung berekses negatif dan bisa jadi hal itu akan menyakiti persaaan pasangan.

 Minum Air Putih
Minum air putih banyak dianggap bisa menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mengendalikan kemarahan anda. Tidak hanya menenangkan pikiran, namun efek dari minum air putih juga bisa membantu menenangkan saraf dan membantu anda menghilangkan dari pengaruh-pengruh negatif.

Tarik Napas Panjang
Sebuah solusi yang tepat ketika anda hendak mengamuk adalah menarik napas dalam-dalam kemudian mengembuskannya. Coba lakukan hal ini berulang-ulang untuk menurun emosi anda dalam sekejap.

Jalan-Jalan
Ketika suasana hati tengah gelisah, segeralah keluar menghirup udara segar ke taman ataupun tempat lain yang memungkinkan.  untuk menenangkan diri anda. Pikiran yang tenang akan membantu membuat anda bisa berpikir lebih jernih.

Sumber : Berbagai Sumber

1 komentar:

  1. makan yg banyak krn makan bisa meningkatkan mood seseorang

    ReplyDelete

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates