Pages

Ads 468x60px

Jumat, 30 Januari 2015

TANDA TANDA GEJALA PENYAKIT TYPUS ATAU TIPES DAN PENCEGAHANYA

TANDA TANDA GEJALA PENYAKIT TYPUS ATAU TIPES DAN PENCEGAHANYA


Trisetiono79.blogspot.comIPenyakit typus atau yang lebih sering orang menyebutnya dengan penyakit tipes, merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh terjangkitnya virus salmonella typhi. 

 penyakit tipes terjadi karena bakteri salmonella thypti masuk ke dalam tubuh karena kurangnya menjaga kebersihan misalnya dari makanan atau minuman yang tidak bersih, tidak mencuci tangan saat hendak memegang makanan, minum air mentah dari kran atau air yang tidak direbus dulu sebelum diminum, atau dari jajanan di luar yang tidak terjaga kebersihannya.

TANDA GEJALA PENYAKIT TYPUS ATAU TIPES

Mengenali tanda gejala awal dari penyakit ini dengan cepat, maka penanggulangannya pun akan semakin mudah. Berikut ini merupakan tanda gejala awal dari penyakit ini :

  • Demam, sebagian penderita akan mengalami demam hingga 5 – 6 hari dengan tingkat kepanasan mencapai 40 derajat celcius dan jika kurang bisa jadi bukan gejala dari penyakit typus atau tipes ini.Penderita penyakit tipes mengalami demam yang tinggi pada malam hari namun pada pagi dan siang hari suhu tubuh menurun kemudian saat menjelang malam demam kembali naik.
 
  • Sakit perut, sakit yang biasa terjadi pada penderita ini akan dirasakan hanya pada sebelah kiri saja. Hal tersebut terjadi karena pada bagian tersebut terdapat usus 12 jari.
 
  • Selain sakit perut, si penderita juga akan mengalami mual dan muntah. seperti yang sedang saya rasakan
 
  • Pola BAB yang berubah, pada penderita typus atau tipes ini penderita ada yang menjadi diare dan ada yang sama sekali tidak bisa BAB.
 
  • Perubahan denyut nadi, pada umumnya atau seharusnya jika pada orang yang demam atau panas tinggi biasanya akan memicu denyut jantung yang bertambah hingga 10% setiap kenaikan suhu 1 derajat celcius. Namun berbeda dengan penderita tipes atau typus ini, denyut nadi mereka akan melemah. Hal ini terjadi karena terjangkitnya virus yang menyebarkan racun atau toksin dalam tubuh.
 
  • Perubahan warna lidah, pada bagian dalam lidah akan berwarna putih dan pada sisi luarnya akan berwarna merah, dan apabila dikeluarkan akan menyebabkan lidah bergetar atau tremor.
 
  • Nyeri otot, sebagian orang biasanya akan merasakan nyeri pada sekujur otot terutama pada bagian persendian yang sangat terasa. dan badan terasa pegal pegal
 
  • Mengalami sakit kepala, tubuh menggigil dan pada bagian otot akan terasa nyeri.
 
  • Nafsu makan akan menjadi hilang sehingga tubuh menjadi lemas serta mengakibatkan berat badan menjadi menurun.
 
  • Badan terasa lemas seperti tidak bertenaga dan napas juga terasa ngos ngosan kaya abis lari ribuan kilo meter  seperti yang sedang saya rasakan saat mengetik artikel ini. sob..  
 
  • Terakhir biasanya juga disertai batuk

MENANGANI PENYAKIT TYPUS ATAU TIPES


  • Penderita penyakit tipes harus banyak Istirahat yang cukup 7 – 8 jam sehari  dan segera periksakan ke dokter agar penyakit tipes tidak semakin buruk keadaanya dan bisa dilakukan pencegahan dan pengobatan lebih cepat.
 
  • Makanlah makanan yang lunak dan mudah dicerna seperti bubur serta hindari sementara makanan atau minuman yang dapat mengiritasi usus seperti makanan pedas dan asam, kopi, minuman bersoda dan lainnya.
 
  • Biasanya dokter akan memberikan obat untuk penyakit tipes seperti analgesic, antibiotik dan jika penyakit tipus sudah cukup parah bisa juga diberi cairan infus.
 
  • Untuk pengobatan penyalit tipus secara alami bisa menggunakan rebusan labu atau biasa disebut dengan ceme yang telah dibuang kulitnya kemudian dihancurkan menggunakan blender dan minum setiap hari sampai penyakit tipes sembuh.
 
  • Anda juga bisa menggunakan obat penyakit tipes dengan bahan dasar cacing tanah, anda bisa membelinya di apotik atau toko obat cina yang sudah dikemas berupa kapsul, dan hasilnya terbukti sangat ampuh untuk mengatasi penyakit tipes.
 
  •  Jika anda merupakan penderita ada baiknya kurangi aktivitas yang melelahkan, karena hal ini bisa memicu terjadinya penyakit ini kembali.
Demikian mengenai TANDA TANDA GEJALA PENYAKIT TYPUS ATAU TIPES DAN PENCEGAHANYA, oleh karena itu sangat penting menjaga kebersihan saat makan atau minum agar terhindar dari bakteri Salmonella Thypti yang dapat menyebabkan penyakit tipes atau tipus.

semoga bermanfaat.


Sumber :
http://koesehat.blogspot.com/2014/04/gejala-penyakit-tipes-dan-tanda-tandanya.html
http://penyakit-mu.blogspot.com/2013/10/penyakit-tipes-typus-tifus-tanda-gejala.html



2 komentar:

  1. Saya sedang typus dan lemes ngos ngosan .. waktu penulis sembuh totalnya brp lama ya?

    BalasHapus
  2. Saya sedang tipus dan lemes ngos2an, mau tanya waktu penulis berapa lama pulihnya?

    BalasHapus

Sponsor

 
 
Blogger Templates