Pages

Ads 468x60px

Friday, 30 January 2015

Penyebab sakit kepala dan cara mengatasinya

Penyebab sakit kepala dan cara mengatasinya 

 

Trisetiono79.blogspot.comIPenyebab sakit kepala bisa terjadi karena banyak faktor baik yang ringan maupun yang sangat berat dan sakit kepala ini bisa saja merupakan gejala awal dari penyakit tertentu jadi sebaiknya anda waspada dan berhati-hati jika terjadi sakit kepala yang berkepanjangan, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar segera diberi tindakan dan pengobatan.

Memang sakit yang tergolong ringan bisa disembuhkan dengan minum obat pereda sakit kepala yang banyak beredar di pasaran, tapi faktor prilaku juga bisa saja menjadi penyebabnya misalnya terlalu lama berhadapan dengan komputer, terlalu lama menunduk dan hal-hal lainnya sebaiknya cari tahu penyebab utama terjadinya sakit kepala agar dapat dengan mudah untuk solusi pengobatannya.

Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab sakit kepala  diantaranya:


  • Leher dan kepala melakukan posisi yang tidak nyaman, jika anda terlalu lama menunduk akan membuat kepala dan leher tidak berada pada posisi yang nyaman misalnya anda menggunakan laptop atau komputer yang terlalu rendah dari kepala anda sehingga anda menjadi terlalu lama menunduk maka leher akan mengalami ketegangan sehingga dapat membuat anda menjadi sakit kepala.
  • Pundak menahan beban yang berat, saat anda menggunakan tas dengan beban yang berat serta menggunakan tali yang menekan pundak anda terlalu lama maka akan membuat pundak anda tertekan sehingga menimbulkan leher menjadi kaku dan akan menyebabkan sakit kepala.
  • Memasuki usia lanjut, saat anda sudah berumur cukup lanjut maka fungsi organ akan menjadi semakin berkurang apalagi kurangnya bergerak atau melakukan olahraga sehingga membuat orang yang sudah berusia lanjut akan sering mengalami sakit kepala. 
  • Kafein, jika anda terlalu banyak mengkonsumsi kafein misalnya anda mengkonsumsi kopi terlalu banyak maka akan beresiko mengalami gangguan sakit kepala oleh karena itu jika anda mengalami sakit kepala karena terlalu berlebihan minum kopi sebaiknya anda menguranginya.
  • Mengalami sakit gigi, saat gigi anda mengalami gangguan misalnya gigi berlubang atau gangguan lainnya sehingga gigi anda terasa sakit maka gangguan pada gigi tersebut dapat membuat sakit kepala juga karena saraf di bagian kepala terhubung dengan saraf di bagian gigi anda.
  • Mengalami stres, jika anda sedang mengalami rasa takut, kuatir, semas, depresi atau stres yang cukup berat dan berkepanjangan maka keadaan ini dapat memicu terjadinya gangguan sakit kepala karena adanya tekanan pada saraf otak.
  • Mengalami anemia, jika anda mengalami keadaan dimana jumlah sel darah merah di dalam tubuh menjadi berkurang atau yang biasa disebut kurang darah atau anemia maka asupan oksigen ke otak akan juga akan berkurang dan biasanya akan mengalami rasa ngantuk, pusing serta rasa sakit di kepala.
  • Kolesterol tinggi, saat tubuh mengalami kadar gula darah, trigliserida dan kadar kolesterol  yang cukup tinggi maka keadaan ini juga dapat membuat timbulnya rasa sakit di kepala karena terhambatnya aliran darah di dalam tubuh.
  • Mengalami sakit jantung, jantung berfungsi untuk memompa aliran darah ke seluruh tubuh dan jika fungsi kerja jantung terganggu maka dapat membuat aliran darah ke seluruh tubuh akan menjadi terganggu sehingga memicu terjadinya sakit kepala.
  • Gejala penyakit stroke, untuk anda yang sering mengalami sakit kepala berkepanjangan sebaiknya berhati-hati karena bisa saja sakit kepala tersebut merupakan gejala awal terjadinya penyakit stroke.
  • Gejala tumor otak, ini juga salah satu gejala awal yang sangat berbahaya karena sakit kepala yang berkepanjangan dapat juga merupakan tanda awal terjadinya penyakit tumor pada otak jadi sebaiknya anda selalu waspada 


Tips untuk mengatasi sakit kepala dengan cara alami:


  • Buat pikiran lebih rileks, lakukan meditasi ringan selama beberapa menit dengan cara memejamkan mata sambil menarik nafas dan mengeluarkannya secara perlahan-lahan dan lakukan beberapa kali sampai pikiran menjadi lebih tenang dan rileks.
  • Tidur cukup setiap hari, atur waktu tidur anda usahakan untuk tidur tidak terlalu larut dan sebaiknya jumlah waktu tidur anda sekitar 8 jam setiap harinya, dengan tidur cukup dan berkualitas dapat menghindari anda dari gangguan sakit kepala.
  • Rutin berolahraga, dengan melakukan aktifitas berolahraga setiap hari misalnya melakukan aerobik atau gerakan yang dapat meregangkan otot-otot membuat tubuh menjadi sehat dan bugar selain itu dengan berolahraga dapat memperlancar peredaran darah.
  • Melakukan pijatan ringan, anda bisa ambil waktu beberapa menit untuk melakukan pijatan ringan terutama pada bagian sekitar leher, bahu, pelipis dan kepala agar peredaran darah menjadi lebih lancar.  
  • Banyak minum air putih, dengan banyak minum air putih setiap hari seperti yang direkomendasikan sekitar 8 gelas setiap hari sangat baik untuk membuat organ tubuh menjadi lebih sehat karena dengan minum air asupan oksigen ke otak dapat tercukupi.
  • Mengkompres dengan es batu, bila anda terlalu tegang atau mengalami stres anda bisa mencoba dengan mengkompres sekitar leher, kepala dan bahu dengan es batu yang sudah dibungkus dengan kain agar rasa sakit di kepala  menjadi berkurang.
  • Menghindari radiasi pada mata, jika anda terlalu lama bekerja di depan layar komputer atau keseringan nonton TV terlalu dekat membuat mata anda cepat lelah selain itu sinar radiasi dari TV atau komputer dapat membuat kepala menjadi sakit karena itu sebaiknya gunakan screen anti sinar radiasi untuk mengurangi radiasi yang dapat menggganggu kesehatan mata anda.

Demikian mengenai Penyebab sakit kepala dan tips cara mengatasinya agar saat terjadi sakit kepala sobat bisa segera mengambil tindakan agar sakit kepala tidak mengganggu aktifitas anda berlarut-larut, biasakan juga untuk melakukan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari agar anda tetap sehat dan terhindar dari gangguan sakit kepala.

semoga bermanfaat.
 
 
 
 Sumber :
 http://koesehat.blogspot.com/2014/04/penyebab-sakit-kepala-dan-tips-cara.html

1 komentar:

  1. zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
    TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE

    ReplyDelete

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates