Pages

Ads 468x60px

Friday, 30 January 2015

Tips Cara mengatasi mabuk perjalanan

Tips Cara mengatasi mabuk perjalanan


 Trisetiono79.blogspot.comI.Sebagian orang yang seringkali mengalami gangguan mabuk perjalanan seperti ini terutama saat berpergian ke daerah lain yang cukup jauh dengan menggunakan kendaraan baik kendaraan darat seperti mobil, bis atau kereta, kendaraan laut seperti kapal laut maupun kendaraan udara seperti pesawat terbang, semua kendaraan tersebut akan membuat sebagian orang dapat mengalami mabuk perjalanan.

Kebiasaan mabuk saat dalam perjalanan jauh menggunakan kendaraan akan membuat sebagian orang ini menjadi malas untuk bepergian, namun jika karena urusan yang sangat penting dan mengharuskan untuk pergi ke suatu daerah tertentu yang mempunyai jarak sangat jauh, lalu bagaimanakah cara untuk mengatasi mabuk perjalanan? Simak ulasannya di bawah ini...

Beberapa tips untuk mengatasi mabuk perjalanan diantaranya:


  • Biasakan makan sebelum melakukan perjalanan, kapanpun sobat hendak melakukan perjalanan biasakan untuk selalu makan dulu agar perut tidak manjadi kosong karena jika perut anda kosong maka produksi asam lambung dalam perut anda akan meningkat dan ini akan membuat anda menjadi merasa mual dan ingin muntah namun sebaiknya anda makan secukupnya saja dan jangan berlebihan .

  • Pilih makanan yang tepat, untuk mengurangi rasa mual yang timbul sebaiknya anda mengkonsusmsi minuman seperti air jahe atau air teh yang hangat karena minuman tersebut akan dapat membantu menetralisir dan mengurangi rasa mual yang mungkin timbul saat dalam perjalanan, hindari mengkonsumsi makanan yang berlemak, makanan pedas produk susu, makanan atau minuman yang asam karena dapat memicu timbulnya rasa mual.

  • Buat tubuh anda serileks mungkin, jika anda sering mabuk maka pikiran menjadi tegang karena memikirkan bagaimana jika nanti sampai muntah? Meskipun anda tahu bahwa anda sering mabuk perjalanan hindari terlalu banyak pikiran, posisikan tubuh serileks mungkin dan bersandarlah pada kursi dan buat anda senyaman mungkin sehingga mengurangi timbulnya rasa mual akibat guncangan saat perjalanan.

  • Hindari membaca, jika anda begitu mudah mabuk perjalan sebaiknya hindari membaca buku atau menggunakan hp untuk melihat pesan atau mengirim pesan sms atau hal-hal lainnya karena dengan membaca saat anda bergerak dapat mempercepat anda merasa pusing dan mual, sebaiknya anda alihkan keinginan untuk membaca dengan misalnya mendengarkan musik atu mengobrol.

  • Atur sirkulasi udara saat dalam perjalanan, dengan adanya sirkulasi udara yang cukup saat anda di dalam kendaraan maka membuat anda bisa bernafas dengan baik karena jika tidak maka anda akan menjadi sesak dan ini akan memicu timbulnya rasa mual dan ingin muntah.

  • Pilih posisi duduk yang aman, jika anda bisa memilih tempat duduk sebaiknya pilihlah tempat duduk yang sekiranya tidak membuat anda mudah menjadi mual, misal saat anda naik kapal laut pilihlah tempat duduk yang berada di kabin tengah sehingga saat kapal bergoyang anda akan tetap merasa nyaman, saat naik kereta api pilihlah posisi duduk di dekat jendela agar anda bisa mendapatkan udara segar, dan jika anda menggunakan mobil pilihlah posisi duduk yang dekat dengan sopir untuk menghindari guncangan yang berlebihan hindari duduk di kursi paling belakang karena semakin belakang guncangan akan semakin keras sehingga anda akan lebih cepat merasa pusing dan mual.

  • Menghadap ke depan, saat anda menggunakan kereta api, mobil atau bus pilihlah kursi yang menghadap ke depan karena jika menghadap ke belakang anda akan menjadi pusing sehingga anda akan merasa mual.

  • Usahakan untuk tidur saat dalam perjalanan, atur posisi anda serileks mungkin dan jika memungkinkan tidurlah saat dalam perjalanan karena dengan tidur maka dapat membantu anda mengurangi rasa mual yang mungkin muncul jika perlu bawalah bantal untuk traveling saat anda bepergian agar anda bisa nyaman saat tidur di dalam kendaraan.

  • Gunakan minyak kayu putih, anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih pada perut, leher dan dada anda untuk mengurangi rasa mual yang timbul.

  • Minum obat anti mabuk perjalanan, anda bisa mengantisipasi mabuk perjalanan anda dengan mengkonsumsi obat anti mabuk perjalanan yang banyak beredar di pasaran dan minumlah setengah jam sebelum kendaraan yang anda tumpangi berangkat.

  • Hindari mencium bau wangi-wangian, seperti minyak wangi atau aroma yang menyengat, menghisap asap rokok selama dalam perjalanan juga dapat membuat anda merasa mual.

  • Jika rasa mual sudah tidak tertahankan sebaiknya dimuntahkan, sebelum anda bepergian sebaiknya anda mempersiapkannya kantung plastik yang tidak bocor untuk berjaga-jaga jika saat dalam perjalanan anda ingin muntah, jika memang sudah tidak bisa ditahan sebaiknya dimuntahkan sehingga rasa mual akan menjadi berkurang.


Demikian beberapa tips untuk mengatasi mabuk perjalanan yang mana sangat dibutuhkan oleh mereka yang sering mabuk perjalanan, semoga dengan tips di atas dapat membuat perjalanan anda menjadi lebih nyaman tanpa adanya gangguan rasa pusing atau mual.

Semoga bermanfaat.

Sumber:
http://koesehat.blogspot.com/2014/04/tips-mengatasi-mabuk-perjalanan.html

1 komentar:

  1. zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
    TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE

    ReplyDelete

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates