Pages

Ads 468x60px

Saturday, 5 July 2014

Ayo, Pahami Arti Imsak yang Sebenarnya!

Apa itu imsak? Sebagai muslim tentu tidak asing mendengar kata imsak, apalagi saat bulan Ramadhan. Lalu apa arti imsak? Banyak yang salah paham tentang arti imsak yang sebenarnya, kali ini Kodokoala akan mengupas tuntas tentang arti imsak. Imsak dalam bahasa Arab berarti "menahan", dan di Indonesia banyak yang mengartikan imsak sebagai batas waktu sahur. Dan pernyataan itu tentunya salah!

Arti Imsak Sebenarnya

Sahur

Mari kita pahami apa itu arti imsak sebenarnya. Imsak bukanlah batas waktu sahur, setelah imsak tentunya kita masih diperbolehkan makan.

Sesuai dengan hadist Nabi, Rasulullah SAW bersabda, “Bersahurlah kamu karena sesungguhnya sahur itu barokahn.” (HR. Bukhari dan Muslim). Meski hukumnya sunnah, Nabi Muhammad SAW tetap menganjurkan umatnya untuk makan sahur.

Dan batas waktu sebenarnya adalah adzan subuh. Jadi imsak adalah menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa dari waktu Subuh hingga waktu Maghrib, tapi tidak boleh melewati adzan subuh.

Jadi buat Anda yang telat sahur dan telah memasuki waktu imsak, segeralah sahur! Karena imsak itu 10 menit sebelum adzan subuh. Anda masih mempunyai waktu 10 menit untuk sahur, pergunakanlah waktu sahur Anda secara baik, dan jangan sampai melewati adzan subuh. Tips saat telat sahur adalah "makan secukupnya dan minum air putih", bisa menggunakan kurma yang sudah jelas banyak kandungan gizi dan vitamin di dalamnya.

Semoga arti imsak ini bisa mencerahkan dan membuka wawasan Anda yang benar tetang arti imsak sebenarnya dalam Islam, selamat berpuasa.




Sumber : http://www.kodokoala.net/2013/07/ayo-pahami-arti-imsak-yang-sebenarnya.html

1 komentar:

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates