Pages

Ads 468x60px

Tuesday, 8 July 2014

Ingin Tetap Bugar Saat Berpuasa? Ini Tipsnya!


Menjaga kebugaran tubuh ketika berpuasa perlu diperhatikan. Tubuh akan tetap bugar jika kesehatan terjaga. Hal ini dapat kita peroleh dengan menjaga pola makan dan hidup yang sehat. Dengan pola puasa yang sehat, tubuh akan tetap bugar dan tidak akan sakit sampai lebaran tiba. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk menjaga kebugaran tubuh saat bepuasa.
  1. Banyak minum air putih
Cukupi kebutuhan air dalam tubuh Anda, karena ketika berpuasa tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan dehidrasi. Anda dapat memperbanyak konsumsi air putih ketika sahur dan berbuka. Sebaiknya hindari minum minuman yang berenergi.
  1. Pilih menu makanan sehat untuk sahur dan berbuka
Anda dapat membuat daftar menu makanan sehat untuk sahur dan berbuka. Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat dengan mudah menentukan jenis makanan sehat yang akan Anda konsumsi. Namun sebaiknya hindari makanan cepat saji (junkfood), karena jenis makanan ini mempunyai efek yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.
  1. Hindari kopi dan soda
Hindari mengkonsumsi kopi dan soda ketika berpuasa. Kopi akan membuat Anda terjaga sehingga menurunkan waktu tidur Anda. Selain itu, kopi juga mempunyai efek diuretic pada tubuh. Sama halnya dengan soda. Soda juga sangat berefek buruk untuk kesehatan.
  1. Konsumsi buah dan sayur
Buah dan sayur mempunyai banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur, energy Anda akan bertambah sehingga tidak mudah lemas ketika berpuasa.
  1. Cukupi waktu tidur
Seperti yang kita ketahui, aktivitas di malam hari ketika bulan Ramadhan lebih banyak daripada aktivitas siang hari, misalnya tarawih dan tadarus. Namun, Anda juga harus memperhatikan porsi tidur Anda agar tetap bugar di siang harinya.
  1. Lakukan olahraga rutin
Berpuasa bukan berarti berhenti berolahraga. Anda tetap dapat menjalankan aktivitas olahraga untuk memperlancar sirkulasi oksigen dalam tubuh. Lakukan olahraga ringan secara rutin di pagi maupun sore hari.
Dengan menjalankan pola puasa yang sehat, tubuh akan tetap bugar meskipun menjalankan berbagai aktivitas. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi vitamin agar tubuh tetap sehat.


Sumber :  http://www.pekanbaru.co/26119/ingin-tetap-bugar-saat-berpuasa-ini-tipsnya/

0 komentar:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates