Pages

Ads 468x60px

Minggu, 10 Agustus 2014

35 Fenomena Alam yang menakjubkan

Fenomena Alam – Banyak orang berpendapat bahwa keajaiban dunia adalah tempat - tempat yang indah dan bangunan - bangunan yang sulit dibayangkan cara pembuatannya.  Banyak fenomenafenomena yang sulit dipahami pun menurut saya merupakan keajaiban dunia. Yang pasti adalah keajaiban dunia itu haruslah menimbulkan ketakjuban sendiri bagi kita yang melihat atau mengetahuinya.
Berikut beberapa fenomena alam, menakjubkan :

1. Lubang Biru Raksasa ( Great Blue Hole )


gambar Lubang biru raksasa ( Great blue hole )
Great Blue Hole

Great blue hole adalah lubang di lautan yang berbentuk mendekati lingkaran sempurna, memiliki diameter 0,4 km dan kedalaman 145 m. Disisinya dibatasi oleh karang yang masih dalam komplek karang lighthouse. Jaraknya sekitar 60 mil dari pusat kota bleize.

2. Pintu Neraka ( Hell Gate )


gambar Pintu neraka ( Hell Gate )
Hell Gate

Kalo tadi lubang biru yang ini lubang merah. Sebenarnya tempat ini tidak seseram namanya. Hell gate atau lubang neraka hanyalah nama pemberian warga sekitar karena lubang ini memiliki api abadi yang sudah menyala sejak 37 tahun yang lalu. Al ini dikarenakan sumber gas bumi yang dimiliki nya. Hell gate ini terletak di negara Uzbekistan

3. Danau Biru di dalam Gua ( Blue lake cave / Gruta do Lago Azul )


gambar Danau Biru di dalam gua ( Blue lake cave / Gruta do Lago Azul )
Blue Lake Cave

Tempat ini juga ga kalah unik. Kalau anda belum pernah membayangkan ada danau di dalam gua maka tempat inilah jawabannya. Salah satu ke indahannya adalah pada interiornya (walaupun tempat ini terbentuk secara alami) yang terbentuk dari stalaktit, stalakmid, dan danau biru yang sangat indah. Namun tetap keindahan utamanya adalah pada kebiruan danau yang jernih yang menawan.

4. Batu Ombak ( Wave Rock )


gambar Batu ombak ( wave rock )
Wave Rock

Bisa dilihat, bebatuan ini hampir sangat mirip dengan ombak besar. Guratan garis garisnya pun semakin menimbulkan kesan seperti ombak. Bebatuan ini sebenarnya tidak ada sangkut pautnya dengan ombak yang membatu atau sebagainya walaupun ada orang yang mengkaitkannya demikian. Terletak di bagian barat australia, bebatuan ini memiliki tinggi sekitar 15 meter dan panjang kurang lebih 110 meter. Sangat mengagumkan bukan ?

5. Danau Tiga Warna ( Danau Kelimutu )


gambar  Danau tiga warna ( Danau Kelimutu )
Danau Kelimutu

Kali ini adalah giliran tempat menarik yang terletak di indonesia. Danau yang pernah dijadikan gambar di mata uang rupiah terdahulu ini memang benar benar memiliki tiga warna yang berbeda. Uniknya adalah warna dari danau ini berubah ubah seiring waktu berjalan.  Danau yang terletrak di NTT tepatnya di pulau flores ini menjadi destinasi wisata yang alam yang sangat menarik untuk di kunjungi karena selain keunikannya terdapat pula pemandangan yang amat luat biasa. “wow indonesia hehe”

6. Air Terjun Niagara


gambar Air terjun Niagara
Air Terjun Niagara

Saya rasa sudah banyak yang tau mengenai air terjun terbesar di dunia ini. Banyak juga stasiun tv yang membahas dan menayangkan tentang air terjun yang satu ini.

7. Air terjun malaikat ( Angel fall )


gambar Air terjun malaikat ( Angel fall )
Angel Fall

Nah, kalau tadi air terjun terbesar, kali ini ada air terjun ter tinggi. Dari namanya saja sudah tercermin betapa tingginya air terjun ini. Kalau kita terjun dari atas air terjun kita akan serasa terbang untuk sesaat. Tapi ingat, ketika terjun harus dilengkapi parasut yah hehe.

8. Briksdalsbreen (Glasier Briksdal )


gambar Briksdalsbreen (Glasier Briksdal )
Glasier Briksdal

Merupakan bagian dari Taman Nasional Jostedalsbreen, Norwegia, Briksdalsbreen atau Glasier Briksdal sebenarnya merupakan aliran sungai yang membeku. Tempat yang sangat indah apalagi bagi penikmat keindahan es.

9. Great Barrier Reef



gambar Great Barrier Reef
Great Barrier Reef
Dari namanya kita sudah bisa membayangkan bahwa tempat ini pasti adalah kumpulan terumbu karang. Namun uniknya adalah karang ini memiliki dinding kepungan yang terbentuk secara alami. Great Barrier Reef adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia dan termasuk tempat yang dilindungi Great Barrier Reef Marine Park.

10. Danau Baikal


gambar Danau Baikal
Danau Baikal

Ada tiga hal yang perlu di ketahui tentang danau ini. Pertama, danau ini merupakan danau tertua di bumi. Kedua, danau terdalam di bumi. Ketiga, danau air tawar terbesar di bumi karena berisi 20% dari seluruh air tawar di bumi dan 90% air tawar di rusia. woww

11. Pamukkale


gambar Pamukkale
Pamukkale

Mungkin bisa dibilang tempat ini adalah pemandian air panas bertingkat. Terletak di Daerah Denizli di barat daya Turki, tempat ini adalah surga bagi orang – orang yang mendambakan ketenangan dan suasana releks yang berkualitas hehe.

12. Gurun Garam Salar de Uyuni


gambar Gurun garam Salar de Uyuni
Salar de Uyuni

Terletak di Bolivia, Salar de Uyuni adalah gurun garam paling besar di dunia. Meliputi kawasan seluas 10.582 kilometer persegi, jantung dari Altiplano mempunyai sedikitnya 10 milian ton garam. Pada waktu tertentu pemandangan disini sangat menakjubkan yaitu pantulan langit akan terlihat jelas di gurun garam ini dan menimbulkan efek cermin yang sangat indah.

13. Sungai Bawah Laut Cenote Angelita


gambar Sungai Bawah Laut Cenote Angelita

Cenote Angelita, adalah salah satu daerah di Meksiko. Tempat ini sempat menjadi perbincangan yang hot di dunia maya karena keberadaannya yang menggemparkan. Bagai mana tidak, sungai ada di dasar laut dan airnya tak bercampur.

14. The wave


gambar The wave
The wave

Lihat guratan garis seperti gelombang ini. The wave adalah daerah batuan yang terletak di perbatasan arizona dan Utah. Batuan ini bisa dibilang batuan purba karena terbentuk sekitar 190 juta tahun yang lalu “wow”. Namun perjalanan ke tempat ini iatur ketat oleh pemerintah sehingga tidak semua orang dapat bebas keluar masuk area ini.

15. Antelope canyon


gambar Antelope canyon
antelope canyon

Masih dari arizona. Tempat ini adalah destinasi pemotretan favorit di amerika. Bagai mana tidak, lihat saja betapa exotisnya tempat ini. Tersusun dari 2 bagian terpisah, bagian atas ( The Cracks ) dan bagian bawah ( The Corkscrew=pembuka botol )

16. Giant Crystal Cave


gambar Cristal cave of the giant
Giant Crystal Cave

Gua ini adalah gua yang didalam nya terdapat kristal – kristal raksasa bahkan panjangnya bisa menyamai pohon pinus serta memiliki bentuk yang beragam. Diketahui kristal – kristal tersebut juga memiliki warna perak dan emas transparan. Luar biasanya mereka terbentuk secara alami. “woww”

17. Mata di Sahara ( Eye of Sahara )


gambar Mata gurun sahara ( eye of the sahara )
Eye of Sahara

Bentuk bundaran di gurun sahara ini dikenal dengan eye of the sahara. Denag diameter yang luas yaitu hampir 31 mil membuat tempat ini terlihat mencolok jika dilihat dari angkasa. Banyak yang meyakini bahwa ini adalah hasil hantaman meteoroid yang kuat namun para geolog berpendapat ini disebabkan oleh upfit dan erosi. Namun tidak dipungkiri bentuk yang bundar ini masih menjadi teka teki bahkan untuk para geolog sendiri.

18. Giant Causeway


gambar Giants Causeway
Giant Causeway

Lihat susunan basalt diawah. Susunan basalt ini terdiri dari kurang lebih 40.000 basalt yang saling bersambung. Berlokasi di pesisir timur laut irlandia, batuan ini terbentuk dari sisa erupsi  vulkanik masa lampau. Yang luar biasa adalah kebanyakan dari batuan tersebut berbentuk heksagonal atau segi enam dan sisanya ada yang lima dan 4.

19. Chocolate Hills


gambar Chocolate Hills
Chocolate Hills

Berlokasi di Bohol, filipina, chocolate Hills adalah susunan geologi yang tidak umum karena memiliki bentuk 1268 kerucut sempurna dengan ukuran yang seragam dan tersebar di area lebih dari 50 km persegi. “Wow”

20. Gunung Roraima Venezuela


gamabr Gunung Roraima Venezuela

Memiliki tinggi tebing 400m di semua sisi membuat bagian atas nya terlihat rata seolah ini adalah pulau di atas awan. “wow” ( jadi inget film UP). Ada juga yang menyebut tempat ini mirip meja. permukaan atas yang rata dan bersih ini juga tak lupuk akibat hujan yang turun di sini hampir tiap hari. Hujan tersebut lah yang membersihkan permukaan atas gunung dari tanaman rambat.

 Itu dia keajaiban dunia, fenomena alam, dan tempat menakjubkan di bumi walaupun masih sangat banyak sekali tempat tempat yang belum saya sebutkan disini. Mungkin lain waktu akan saya bahas lebih banyak tempat yang mengaumkan yang ada di bumi kita ini. Namun masih ada lagi nih fenomena – fenomena yang menarik untuk kita ketahui. Namun berada di ruang angkasa. Seperti yang kita ketahui bersama, ruang angkasa yang tak terhitung luasnya oleh kemampuan manusia yang terbatas ini memiliki sejuta misteri yang belum terpecahkan dan juga hampir mustahil terpecahkan oleh manusia. Oleh karena itu saya pun banyak memahami kejadian, dan fenomena di ruang angkasa sebagai keajaiban dunia. Lalu apa sajakah fenomena fenomena tersebut? Langsung saja ini dia beberapa yang menurut saya perlu diketahui dan jarang terpikirkan.

21. Black hole



gambar Black hole
Secara singkat, balck hole adalah pengumpulan massa yang termat besar namun terkumpul dalam volume yang teramat sangat kecil. Gampangnya adalah bila ada black hole memiliki massa yang sama dengan matahari maka diameter blackhole tersebut kurang lebih hanya 3 km. Padahal diameter matahari kita adalah 1.392.000 km.

22. Galaksi


gambar Galaksi

Galaksi adalah suatu wilayah di ruang angkasa yang menurut kita manusia sangat luas. Sebagai contoh adalah galaksi bimasakti. Sampai saat ini galaksi bimasakti diketahui memiliki bintang sebanyak 100 milyar dan 160 milyar planet baik yang mengorbit bintang maupun yang tidak.  Sedangkan jarak masing masing bintang saja berjarak sangat jauh dan bahkan mustahil manusia bisa menempuhnya. Karena bintang terdekat dengan matahari saja ditempuh cahaya dalam waktu 4 tahun. Bagaimana dengan kita?

23. Planet


gambar Planet

Planet adalah sebuah keajaiban dunia. Kenapa karena bahkan sampai saat ini tidak diketahui secara pasti bagaimana sebuah planet terbentuk. Teori yang paling banyak dipakai adalah bahwa planet terbentuk di sekitar bintang dan terbentuk dari gas mulanya. Sedangkan bagaimana dengan planet yang yatim piatu. Beberapa tahun ini telah banyak ditemukan planet – planet tanpa bintang yang artinya adalah planet yatim piatu. Lalu apa yang dapat menjelaskannya? Selain planet yatim piatu tersebut terdapat juga planet yang mengorbit 2 bintang sekaligus. Seperti dalam film saja bukan ?

24. Gravitasi


gambar Gravitasi

Gravitasi adalah gaya tarik suatu benda terhadap benda lain, walaupun sudah bisa dirumuskan dalam berbagai peritungan, gravitasi tetap menyimpan segudang misteri. Bahkan fakta menyebutkan bahwa supernova atau ledakan bintang terjadi karena gravitasi. Inti bintang meledak ke dalam dan runtuh kedalam dirinya sendiri lalu memancarkan gelombang kejut yang dahsyat. Setelah itu seluruh bintang akan meledak. Gravitasi juga diketahui dapat membelokan cahaya.

25. Kehidupan



Menurut saya adanya kehidupan merupakan salah satu keajaiban terbesar di dunia. Karena kehidupan tidak pernah bisa dijelaskan tanpa adanya campur tangan tuhan. Seperti yang kita ketahui unsur pembentuk mahluk hidup adalah karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen, fosfor dan belerang. Namun apa yang membuat campuran dari unsur – unsur pembentuk itu hidup? Jawabannya tak terlepas dari campur tangan tuhan. Baca juga :

26. Alam Semesta


gambar Alam Semesta

Luas adalah relatif. Yaitu relatif menurut sudut pandang yang melihat. Ketika manusia melihat seberapa luas alam semesta pastinya hanya akan ada di angan – angan karena yang pasti luas alam semesta ada di balik horizon (batas tempat yang bisa diamati manusia karena cahaya tidak mampu lagi menembusnya.

27. Hujan Di planet lain



Seperti kita ketahui, di bumi hujan berbentuk air. Namun berbeda dengan planet - planet ini:

28. Asteroid mirip kacang


gambar Asteroid mirip kacang
Asteroid Mirip kacang

Biasanya peneliti menangkap gambar asteroid berupa bongkahan besar berbentuk bulat atau lonjong, kini mereka menemukan bentuk asteroid yang lain dari biasanya. Asteroid dengan kode nama 624 Hektor memiliki bentuk yang unik yaitu mirip kacang.

29. Bintang raksasa


gambar Bintang raksasa

Seperti yang kita ketahui bersama, matahari adalah bintang terdekat dengan kita. Matahari adalah gumpalan gas yang amat panas. Bila dibandingkan dengan bumi kita, matahari sangatlah besar. Namun terlalu dini bagi kita untuk mengatakan bahwa matahari adalah bintang yang besar. Karena ada banyak sekali bintang yang jauh lebih besar dan lebih terang daripada matahari. Berikut adalah ilustrasi bintang terbesar yang diketahui manusia sampai saat ini.

30. Segitiga Bermuda

 







Segitiga bermuda disebut juga segita setan yang terletak di samudrera atlantik seluas 1,5 juta mil persegi atau 4 kilometetr persegi dan membentuk segitiga bermuda. Wilayah teritorial Britania Raya sebagai titik sebelah utara Puerto Riko, Teritorial amerika Serikat sebagai titik sebelah selatan dan Miami, Negara bagian Florida, Amerika Serikat, sebagai titik sebelah barat. Segitiga bermuda sangat misterius banyak kapal hilang yang melintas di wilayah tersebut. ada teori bahwa penyebabnya adanya sumber magnet yang besar di bumi yang tertanam di bawah segitiga bermuda, sehingga logam berat dapat tertarik ka dalamnya.

 31. Petir Abadi


 



Petir abadi adalah fenomena unik yang terjadi di Catatumbo di danau Maracarbo, fenomena ini berupa awan petiryang membentuk sebuah garis kilat sepanjang 5 kilometer setiap 140 - 160 malam dalam setahun, 10 jam tiap malam dan lebih dari 280 kali dalam 1 jam. Menurut penelitian petitr ini terjadi karena tumbukan angin yang berasal dari pegunungan andes. dan petir ini juga dijadikan navigasi bagi para pelaut.

32. Crop Cirle


 
  

Crop Circle adalah suatu bentuk lingkaran dan bentuk lain seperti geometri dengan ukuran bessar/ luas di ladang pertanian khususnya gandum. ada bentuk seperti kalajengking, bunga nmatahari atau lainya.

33. Cairan Merah di Antartika


 


Air terjun darah benar benar ada di antartika, daratan yang dilapisi es. Air terjun ini secara terus menerus mengeluarkan warana merah secara terus menerus, Warna merah ini berasal dari ganggang merah. anggapan lain menyebutkan warna merah iniberasal dari gletseryang terkurung dibawah aliran air selama jutaan tahundan mengandung mikroba mikroba kunoyang terisolasidibawah lapisan es yang sangat tebal, karena tidak ada cahaya, panas dan oksigen sehingga mengalami salinitas dan mengandung zat besi, dari zat besi itulah warna merah dihasilkan.

34. Garis dan Pola Misterius

 
 
 
 Garis Nazca ( Nazca Lines ) adalah garis yang membentuk suatu gambar yang terletak ditengah daerah gurun. garis ini terlihat jelas jika dilihat dari langit karena garisnya sanagat besar. garis ini diperkirakan  dibuat antara 700 - 200 SM. Pada tahun 1985 Johan Reinard menyatakan bahwa Nazca Lines dibuat  untuk keperluan yang berhubungan dengan penyembahan para dewa.

35. Fenomena UFO

 



UFO ( Unidentified Flying Object ) atau kata lain benda terbang yang tidak bisa di identifikasi oleh pengamat. Benda terbang ini kebanyakan berbentuk piring dan memiliki kecepatan terbang yang tinggi, dapat menempuh jarak ratusan kilometer perjam.

Itulah beberapa  fenomena alam yang menurut saya menarik dan patut dicermati baik dari keindahan maupun filosofi hehe.. semoga bermanfaat.

Sumber :  http://altovart.blogspot.com/2014/03/29-keajaiban-dunia-dan-fenomena.html / 
http://meta-fisik.blogspot.com/2013/04/misteri-keajaiban-alam-terbaru-2013.html

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor

 
 
Blogger Templates