Pages

Ads 468x60px

Thursday, 21 August 2014

Keputusan Sidang DKPP KPU-Bawaslu Tak Bersalah

Keputusan Sidang DKPP KPU-Bawaslu Tak Bersalah


Hasil Keputusan Sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Hari ini, Kamis (21/8/2014) menyatakan KPU tidak terbukti melakukan pelanggaran saat meloloskan surat izin Joko Widodo sebagai capres. Anggota DKPP, Valina Singka Subekti, dalam pembacaan putusan sidang kode etik, menganggap KPU telah melaksanakan tugas sesuai kewajiban.

“DKPP berpendapat para Teradu (KPU) telah melakukan fungsinya sesuai undang-undang. Para Teradu terbukti tidak melakukan pelanggaran kode etik pemilu,” ucap Valina.
Putusan ini dibacakan dalam sidang DKPP di kantor Kemenag, Jl MH Thamrin, Jakpus, Kamis (21/8/2014).

“Dengan demikian sacara administratif tanggal 21 Mei tentang penetapan paslon dapat dipertanggungjawabkan secara yuridis dan etis,” lanjutnya.

Tim Prabowo-Hatta sebagai Pemohon mengadukan Ketua dan Anggota KPU karena dianggap telah meloloskan pengajuan izin Jokowi maju sebagai capres bertentangan dengan UU No 42 Tahun 2008 Pasal 7 dan ketentuan Pasal 10 Permendagri No 13 Tahun 2009. Bawaslu juga dianggap lalai karena membiarkan KPU menerima persyaratan pendaftaran bakal capres Jokowi tanpa menyerahkan surat permohonan izin kepada Presiden.

Namun, DKPP tidak melihat itu sebagai bentuk pelanggaran. Sehingga KPU dan Bawaslu tidak terbukti bersalah.

“Surat izin yang diajukan 19 Mei telah memenuhi syarat dan waktu yang ditentukan. Surat pernyataan juga telah memuat perizinan presiden. Oleh sebab itu saat KPU melakukan verifikasi terhadap dokumen itu telah menimbang syarat,” tegas Valina.
“DKPP berpendapat telah sesuai dengan undang-undang dan sebagaimana mestinya. Tidak ada alasan melakukan pelanggaran pemilu,” tutupnya.

Setelah Sidang DKPP menyatakan KPU dan Panwaslu tidak bersalah, kita masih menantikan Hasil Keputusan MK terkait sengketa Pilpres 2014 yang saat ini sedang berlangsung, dan diluar gedung MK terjadi sedikit kerusuhan dimana massa Pendukung Prabowo-Hatta mencoba merangsek ke lokasi sekitar gedung MK, dan saat ini Polisi melakukan penjagaan ketat, dan menembakan Water Canon kepada pendemo.

sumber http://www.aktualpost.com/2014/08/21/26484/hasil-keputusan-sidang-dkpp-hari-ini-kpu-bawaslu-tak-bersalah/

1 komentar:

  1. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan


    bandarq
    Domino 99
    Situs Poker Online
    Domino Qiu Qiu
    Poker88 Indonesia

    ReplyDelete

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates