Pages

Ads 468x60px

Wednesday, 3 September 2014

Hewan Langka Di Indonesia

Hewan Langka Di Indonesia


Indonesia terkenal dengan kekayaan flora dan fauna. Termasuk flora dan fauna langka juga terdapat di Indonesia. Untuk itulah Indonesia membuat suatu undang-undang yang mengatur hewan langka yang dilindungi di indonesia. Berikut adalah  hewan langka di indonesia dan penjelasannya.


1. Gajah Sumatera



Hewan yang hampir punah lainnya yang hidup di Pulau Sumatera adalah Gajah Sumatera. Mamalia terbesar di Indonesia ini jumlahnya tidak lebih dari 3.000 ekor. Berkurangnya satwa besar ini disebabkan oleh kerusakan hutan, peralihan hutan, dan juga perburuan manusia. Diperlukan peran aktif semua pihak agar satwa ini tidak segera punah.

2. Jalak Bali



Jalak Bali merupakan burung endemik Indonesia yang hanya bisa dijumpai di Pulau Bali. Hewan berukuran sedang ini sangat cantik sehingga tidak jarang para pencinta binatang (khususnya burung) ingin sekali memilikinya. Hal tersebut yang membuat hewan ini menjadi sangat langka, diperkirankan jumlah Jalak Bali yang ada saat ini sekitar 1.000 ekor.

3. Komodo


Komodo yang mendiami Taman Nasional Pulau Komodo merupakan satwa langka dan endemik di Indonesia. Menurut informasi, jumlah keseluruhan Komodo yang ada hanya sekitar 3.000 ekor saja. Penyebab utama berkurangnya Komodo dihabitatnya adalah perburuan liar. Mari kita sama-sama menjaga dan melestarikan satwa Indonesia.

4. Pesut Mahakam


Pesut Mahakam adalah hewan yang sangat unik karena berbeda dengan pesut-pesut lain yang ada didunia. Jika pesut-pesut lain habitatnya dilaut, Pesut Mahakam habitatnya disungai-sungai tropis, seperti Sungai Mahakam. Hewan langka yang dilindungi oleh Undang-Undang ini diperkirakan hanya berjumlah 70 ekor saja secara keseluruhan.

5. Burung Cendrawasih


Burung Cendrawasih merupakan satwa yang menjadi identitas Papua, bahkan namanya dijadikan salah satu kampus negeri di Indonesia yang berada di Papua, yaitu Universitas Cendrawasih. Tiap tahunnya populasi burung cantik endemik Papua ini semakin berkurang, kemungkinan penyebab utamanya adalah perburuan liar dan perdagangan bebas.

6. Penyu 

 Penyu memiliki sepasang tungkai depan yang berupa kaki pendayung yang memberinya ketangkasan berenang di dalam air. Walaupun seumur hidupnya berkelana di dalam air, sesekali hewan kelompok vertebrata, kelas reptilia itu tetap harus sesekali naik ke permukaan air untuk mengambil napas. Itu karena penyu bernapas dengan paru-paru. Penyu pada umumnya bermigrasi dengan jarak yang cukup jauh dengan waktu yang tidak terlalu lama. Jarak 3.000 km dapat ditempuh 58 - 73 hari.
                  
Penyu menghasilkan keturunannya dengan cara bertelur. Siklus bertelurnya antara 2-8 tahun. Mereka biasanya menaruh telur- telurnya yang bisa mencapai ratusan itu di pantai. Penyu jantan menghabiskan waktu di laut sedangkan penyu betina sesekali mengecek keadaan calon- calon bayinya itu ke pantai.

Telur penyu yang menetas dinamakan tukik. Di antara ratusan tukik yang menetas, hanya belasan tukik saja yang berhasil selamat dari pantai menuju ke laut karena adanya predator yang mengincarnya seperti biawak, burung-burung besar, bahkan manusia.

  
7. Orang Utan (latin : Pongo Pygmaeus)

Ciri khas hewan langka ini ialah mempunyai rambut yang begitu panjang dibandingkan jenis kera lain. Buah-buahan adalah makanan utama dan juga kesukaannya. Di indonesia, wilayah  penyebarannya adalah dataran rendah juga hutan hujan tropis di pulau Kalimantan.

orang utan kalimantan Pongo Pygmaeus 10 Hewan Langka Di Indonesia


8. Badak Bercula Satu (latin : Rhinoceras Sundaicus)

Adalah salah satu hewan langka khas indonesia. Walau sekarang sudah tidak banyak, hanya sekitar 50 ekor saja dapat ditemukan di hutan ujung kulon. Merupakan hewan herbivora pemakan daun-daunan.



9. Badak bercula Dua (latin : Dicerorhinus Sumatrensis)

Hampir mirip dengan badak bercula satu, hanya cula dibagian depan yang berjumlah dua. Hanya ditemukan di wilayah Sumatera.

Badak bercula Dua sumatera wikipedia Dicerorhinus Sumatrensis 300x224 10 Hewan Langka Di Indonesia


10. Musang Congkok (latin : Prionodon Linsang)

Dengan berat mencapai 5 kg dan mempunyai panjang sekitar 71 cm hewan ini cukup gesit untuk memanjat pepohonan. Di temukan di wilayah pegunungan Aceh dan Sumatera Barat. Mamalia kecil dan beberapa jenis serangga adalah makanan kesukaannya.

musang cangkok Prionodon Linsang 300x224 10 Hewan Langka Di Indonesia


11. Singapuar (latin : Tarsius Bancanus)

Dijuluki sebagai primata terkecil di dunia. Mempunyai berat tubuh antara 80 – 140 gram dan panjang cuma 12 – 15 cm cukup layak bila disebut primata terkecil. Walaupun mempunyai sepasang mata yang besar yang ukurannya melebihi volume otaknya tapi hanya dapat digunakan pada malam hari saja. Mirip dengan burung hantu. Kepulauan Riau, kepulauan kalimantan dan sumatera bagian selatan juga tenggara adalah habitat aslinya.

singapuar Tarsius Bancanus primata terkecil di dunia 200x300 10 Hewan Langka Di Indonesia


12. Ikan Belida (latin : Notopetrus Chitala)

Dengan panjang tubuh mencapai 87, 5 cm dan berat tubuh dapat mencapai 1 kg, cukup besar untuk ukuran ikan air tawar. Bentuk tubuhnya seperti pisau dan  makanan kesukaannya adalah ikan-ikan kecil juga udang. Perairan air tawar di wilayah jawa dan kalimantan merupakan habitat aslinya.

Ikan belida Notopetrus Chitala 300x187 10 Hewan Langka Di Indonesia


13. Harimau Sumatera ( latin : Panthera Tigris Sumatrae)

Memprihatinkan karena jumlah semua harimau sumatera hanya tinggal sekitar 500 ekor. Penebangan hutan yang serampangan dan perburuan liar dituding sebagai penyebab langkanya harimau ini. Hanya terdapat di hutan sumatera.

harimau sumatera Panthera Tigris Sumatrae hewan langka di dunia 300x187 10 Hewan Langka Di Indonesia


14. Anoa ( latin : Bubalus Depressicornis)

Sekilas lebih mirip kambing dengan ukuran yang besar. Yang membedakan dengan kambing selain ukuran tubuhnya yang besar adalah adanya tanduk runcing yang mencapai 30 cm panjangnya. Adalah termasuk mamalia yang mempunyai kuku genap. Mempunyai habitat asli di wilayah sulawesi.

hewan anoa Bubalus Depressicornis 300x222 10 Hewan Langka Di Indonesia


15. Burung Elang Jawa ( latin : Spizaetus Bartelsi)

Mempunyai bentuk yang gagah, sayang populasinya hanya tinggal 250 ekor saja. Tersebar hampir merata di sekitar hutan di pulau jawa seperti di gunung slamet, gunung salak, gunung anjasmoro, gunung kawi, taman nasional baluran, taman nasional alas purwo taman nasional gunung halimun, taman nasional gede pangrango dan taman nasional muara betiri.

burung elang jawa Spizaetus Bartelsi hewan langka di indonesia jawa barat 233x300 10 Hewan Langka Di Indonesia


16. Babirusa (latin : babyrousa babyrussa)

Buah-buahan, tumbuh-tumbuhan, jamur dan dedaunan merupakan makanan yang biasa disantap sehari-hari. Mempunyai taring yang mencuat keluar sebagai tameng mata dari duri dan rotan ketika mereka mencari makan. Habitatnya meliputi pulau sulawesi, kepulauan maluku dan sekitarnya.


17. Trenggiling
 

Trenggiling atau tenggiling, atau pangolin, bahasa Inggrisnya “Scaly Ant Eater”, atau nama latinnya Manis Javania adalah hewan mamalia (menyusui) yang tidak bergigi. Binatang ini hidup di daerah hutan hujan tropis dataran rendah. Makanannya adalah serangga terutama semut dan rayap. Bentuk tubuhnya memanjang. Panjang dari kepala sampai pangkal ekor sekitar 58 cm, sedang panjang ekornya sekitar 45 cm, beratnya sekitar 2 kg.
Umumnya trenggiling betina lebih pendek dari trenggiling jantan. Ia memiliki lidah yang dapat dijulurkan hingga sepertiga dari panjang tubuhnya untuk mencari semut disarangnya. Disamping itu trenggiling mempunyai 2 pasang kaki yang pendek, mulut, mata, telinga dan sisik yang sangat keras


18. Petaurus Breviceps


merupakan tupai pohon kecil marsupial yang hidup di hutan belantara Australia, Indonesia (Papua), Papua Nugini, dan Tasmania, nama Sugar Glider diberikan kepada hewan ini, karena hewan ini menyukai makanan yang manis dan hewan ini suka meluncur dari ketinggian hingga kelihatannya bisa terbang melayang

19. Kangguru Tanah (Thylogale Brunni)

satwa asli Papua ini sedang mengasuh anaknya yang berumur sekitar 2 bulan hasil pengembangbiakan di penangkaran satwa Kebun Binatang Bali, Desa Singapadu.






20. Burung Merak



Burung ini memang sangat indah dan akan membuat orang yang melihat ingin sekali memilikinya.
Tapi Hewan ini hampir punah, dan hewan ini sangat dilindungi oleh pemerintah.
Hewan ini hidup di hutan terbuka yang memiliki padang rumput luas.
Keberadaan hewan ini tak hanya ada di indonesia melainkan ada juga di negara lain seperti china, India dan Malaysia.
Burung Merak memakan aneka biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan, aneka serangga, serta berbagai jenis hewan kecil seperti laba-laba, cacing dan kadal kecil


Semoga Bermanfaat....

1 komentar:

  1. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan


    bandarq
    Domino 99
    Situs Poker Online
    Domino Qiu Qiu
    Poker88 Indonesia

    ReplyDelete

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates