Pages

Ads 468x60px

Sunday, 14 September 2014

Klasifikasi Alat Musik Berdasarkan sumber bunyi

Klasifikasi Alat Musik Berdasarkan sumber bunyi


 

1. Idiofon

Idiofon adalah golongan alat musik dimana suara yang dihasilkan berasal dari getaran tubuh pokok alat musik itu sendiri. Alat musik jenis ini menggunakan getaran pada badan alat musik itu sendiri sebagai sumber bunyi.

Cara memainkannya pun bermacam-macam, ada yang digoyang-goyangkan, dipukul, ditepukkan, dan sebagainya. Bunyi yang ditimbulkan juga sangat bervariasi, tergantung dari jenis bahannya. Contoh alat musik idiophone adalah

kolintang, simbal, marakas, drum, bongo, kabasa, angklung, Triangel

2. Membranofon

Membranofon adalah adalah alat musik yang sumber bunyinya dari selaput atau membran. golongan alat musik ini, dimana suara dihasilkan oleh getaran membran.Alat musik jenis ini menggunakan lapisan tipis yang dibentangkan secara kuat di salah satu sisinya. Membran ini kemudian digetarkan untuk menghasilkan bunyi, umumnya dengan cara dipukul.

Contoh alat musik jenis ini adalah drum, kendang, tifa,tam-tam,dan rebana.

Keterangan :

1. Kendang atau gendang

Kendang, atau gendang adalah salah satu alat musik dalam gamelan jawa yang berfungsi mengatur irama dan termasuk dalam kelompok “membranofon” yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari selaput kulit atau bahan lainnya.

2. Rebana

Rebana adalah gendang berbentuk bundar dan pipih. Bingkai berbentuk lingkaran dari kayu yang dibubut, dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing. Kesenian di Malaysia, Brunei, Indonesia dan Singapura yang sering memakai rebana adalah musik irama padang pasir, misalnya, gambus, kasidah dan hadroh.

3. Drum

Drum  merupakan instrumen drum dalam keluarga instrumen musik perkusi dengandiameter berukuran besar untuk menghasilkan suara dalam intonasi nada rendah (bass). Terdapattigaklasifikasi umum atas drum bass: drum bas konser, 'kick' drum , danpitched bass drum. Jenis yang umum dilihat atau didengar dalam penampilan orkestra atau concert band adalah drum bass konser. 'Kick' drum merupakan drum bass pada drumkit yang dilengkapi pedal. Picthed bass drum atau disebut pula marching bass drum umumnya digunakan dalam grup marching band, biasanya terdiri dalam beberapa ukuran dengan intonasi nada tertentu yang dapat diatur. Dalam permainan marching band, beberapa pitched drum bass (3 sampai dengan 5 buah drum bass) dalam ukuran berbeda digunakan bersama-sama.

4. Tifa

Tifa adalah sejenis alat musik tradisional yang sangat terkenal di daerah Indonesia bagian timur, khususnya Papua. Biasanya tifa digunakan sebagai pelengkap tarian selamat datang di Papua. Selain itu, tifa juga digunakan sebagai pengiring upacara tradisional khas Papua.



3. Kordofon

 Kordofon adalah golongan alat musik dimana suaranya dihasilkan dari getaran senar yang dibentangkan di antara titik-titik paten.alat musik yang termasuk golongan chordophone memiliki sumber bunyi berupa dawai. Alat musik jenis ini menggunakan dawai yang dibentangkan secara kuat antara dua titik tertentu. Dawai tersebut kemudian digetarkan untuk menghasilkan suara. Umumnya, alat musik jenis ini memiliki rongga resonansi di bawah dawai-dawainya. Rongga ini berguna untuk memperkuat bunyi yang dihasilkannya.

Contoh alat musik jenis ini adalah gitar, biola, harpa, dan piano. piano sebenarnya menggunakan dawai yang terhubung ke tutsnya, sehingga ketika tuts ditekan dawai akan bergetar dan timbullah bunyi.

Keterangan :

1.  Gitar

Gitar adalahalat musik berdawai yang dimainkan dengan jari-jemaritangan atau sebuahplektrum(alat petik gitar). Bunyinya dihasilkan dari senar-senar yang
2.   Biola

Biola adalah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memilikiempat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda. Dengan interval sempurna kelima
3. Harpa

alat musik petik, Bentuknya tinggi,umumnya berwarna emas, dan memilikisenar.Biasanya berbentuk dasar segitiga. Seringkali hadir bersamaandengan orkessimphony, bersamaan dengan suaravokal, suaraflute,atau bisa juga dengan jazz bass dan drum.

4.  Ukulele

Ukulele adalah alat musik petik sejenis gitar berukuran kecil,sekitar 20 inci, dan merupakan alat musik asli Hawai ditemukansekitar tahun 1879
5.  Cello

alat musik gesek dan anggotadarikeluarga biola. Orang yang memainkan cello disebut cellis.sebagai instrumen tunggal, dalammusik kamar,dan juga sebagai fondasi dalam suaraorkestra modern
6. Rebab

Rebab adalahalat musik gesek yang biasanya menggunakan 2atau 3dawai,alat musik ini adalah alat musik yang berasal dariTimur Tengahdan mulai digunakan diAsia Tenggara. Alat musik yangmenggunakan penggesek dan mempunyai tiga atau dua utas talidari dawai logam (tembaga) ini badannya menggunakan kayunangkadan berongga di bagian dalam ditutup dengan kulitlembuyang dikeringkan sebagai pengerassuara.
7. Siter 


siter adalahalat musik petik di dalamgamelanJawa. Siter memiliki 11 pasang senar, direntang kedua sisinya di antarakotak resonator. Ciri khasnya satu senar disetel nada pelogdansenar lainnya dengan nadaslendro.
8.  Sasando 

Sasando adalah sebuah alat musik dari Nusa Tenggara Timur tepatnya dari Pulau Rote. Sasando berbentuk seperti Harpa, dengan media pemantul suara terbuat dari daun Pohon Gebang yang dilekuk menjadi setengah melingkar. Tempat senar-senar diikat terbuat dari bambu yang keras, penahan senar yang sekaligus sebagai pengatur nada senar juga terbuat dari bambu. Batang bambu itu lalu diikat menyatu dengan daun Gebang yang dibuat melingkar tadi. Wadah ini merupakan tempat resonansi sasando





4. Aerofon

 Aerofon adalah golongan alat musik dimana suaranya dihasilkan dari getaran udara. Alat musik itu sendiri tidak bergetar dan juga tidak menggunakan senar ataupun membran,jenis alat musik lainnya yang menggunakan sumber bunyi berupa udara. Alat musik jenis ini memiliki bagian yang berisi udara. Getaran udara di dalam alat musik inilah yang menimbulkan bunyi. Alat musik jenis ini biasa dimainkan dengan cara ditiup atau dipompa.

Contoh alat musik jenis ini adalah :
1.Terompet 
adalah alat musik tiup biasnya terbuat dari logam.

2. Clarinet

3.  Harmonika
 adalah sebuah alat musik yang paling mudah dimainkan. Hanya tinggal meniup dan menghisapnya harmonika akan mengeluarkan suara yang cukup bagus.Harmonika berasal dari alat musik tradisional China yang bernama 'Sheng' yang telah digunakan 5000 tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu-kwa

4. Suling

 adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu. Suara suling berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik.
Suling modern untuk para ahli umumnya terbuat dari
perak, emas atau campuran keduanya. Sedangkan suling untuk pelajar umumnya terbuat dari nikel-perak, atau logam yang dilapisi perak


 5. Saksofon

Saksofon biasanya terbuat dari logam dan dimainkan menggunakan single-reed
Saksofon umumnya dihubungkan dengan popular music, big band music dan jazz, tapi awalnya ditujukan sebagai instrumen orkestra

6.Trombon

adalah alat musik tiup logam. Seperti pada alat musik tiup logam lainnya,
arti trombon adalah "terompet besar".Pemain trombon disebut trombonis.



7. Pianika
 Pianika adalah salah satu alat musik gabungan yang ditiup dan ditekan. Sama halnya dengan piano yang memiliki tuts nada namun bedanya pianika itu akan berbunyi jika ditiup.


8. Obo
 obo memiliki suara yang jernih dan melengking. Suara obo dapat terdengar jelas dalam ansambel yang besar sehingga suaranya dapat dengan mudah didengar ketika tuning.
 
7.      

5. Elektrofon

adalah alat musik yang sumber bunyi instrumen yang melibatkan penggunaan listrik / dibangkitkan oleh tenaga listrik (elektronik)

Jenis ini baru muncul belakangan seiring munculnya alat musik eletrik. Sesuai namanya, alat musik ini menggunakan komponen elektrik sebagai sumber bunyinya, baik sebagai pengendali getaran dan bunyi yang dihasilkan secara keseluruhan maupun hanya sebagai penguat bunyinya saja.

Contoh alat musik electrophone ini adalah keyboard dan gitar elektrik. , bass listrik, piano listrik.



0 komentar:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates